Kamis, 21 Februari 2008

3 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris



Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sudah menjadi kebutuhan di zaman modern seperti sekarang ini. Bahasa inggris adalah satu-satunya bahasa yang dapat dimengerti di setiap negara di dunia. Sehingga tidak heran apabila bahasa inggris sudah menjadi bahasa yang umum digunakan oleh setiap orang. Sudah lebih dari 100 negara di dunia menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

Tidak hanya itu, dengan memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, tentunya akan banyak memberikan manfaat kepada anda. Manfaat-manfaat itu antara lain, mempermudah anda memasuki dunia kerja, membuka wawasan yang lebih luas karena anda bisa membaca buku bahasa Inggris, mendapatkan informasi yang berguna dari website berbahasa Inggris, dan tentunya anda bisa berkomunikasi dengan berbagai macam orang di dunia serta masih banyak lagi manfaat yang akan didapat apabila memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik.

Namun, kenyataannya masih sedikit orang yang tergerak untuk lebih mendalami bahasa Inggris. Alasannya mungkin karena biaya yang terlalu tinggi untuk les ataupun tidak ada waktu belajar bahasa inggris disela-sela kesibukan yang padat. Nah, mungkin 3 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris ini bisa membantu anda meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan mudah dan murah. Ini dia !

1.Mendengarkan Lagu Barat
Ini adalah cara yang diberikan langsung oleh guru TOEFL saya. Kata beliau, dengan mendengarkan lagu barat, maka secara tidak sadar, anda berlatih untuk mendengarkan orang lain berbicara bahasa inggris. Selain mudah dilakukan cara ini juga mengasyikkan ! Guru TOEFL saya pun berbagi cerita mengenai band-band favoritnya ketika mendengarkan lagu berbahasa Inggris ini, beliau menyukai Green Day dan Simple Plan. Terbukti, beliau bisa menyanyikan lagu American Idiot21 Guns, dan Take My Hand dengan fasih dan sangat lancar.

Tetapi bagi anda yang memiliki keterbatasan vocabulary atau kosakata bahasa inggris dan tidak bisa memahami lagu tersebut hanya dengan mendengarnya saja, ada cara lain yang tak kalah mengasyikkan. Saya pun sering menggunakan cara ini. Caranya adalah dengan menggunakan software penampil lirik lagu, saya biasanya menggunakan Minilyrics untuk membantu menampilkan lirik lagu barat tersebut, sehingga sambil belajar anda bisa berkaraoke ! haha.

Minilyrics sebenarnya adalah software yang sudah lama keluar. Software ini berfungsi untuk menampilkan lirik lagu yang kita putar di alat pemutar lagu seperti winamp, windows media player, dsb. Jadi, ketika anda membuka winamp misalnya, software ini akan otomatis muncul untuk menampilkan lagu yang anda putar. Tetapi, software ini hanya software pembaca lirik, sehingga anda harus terhubung dengan internet untuk mencari lirik yang sudah ada pada direktori mereka. Namun jangan khawatir, apabila anda sudah terhubung dengan internet, software ini akan otomatis mencari sendiri file liriknya dan menampilkannya di layar komputer anda. Banyak kok direktori lagunya, lagu korea sama lagu Thailand waktu saya coba dulu juga keluar teks liriknya, hehe.

Selain akan menambah kemampuan mendengar, dengan mendengarkan lagu barat dan melihat liriknya akan menambah kosakata bahasa inggris anda. Apabila terdapat kosakata yang tidak dimengerti, maka anda akan tergerak untuk mencari artinya bukan ? nah setelah ketemu artinya, tulis pada kertas dan kalau bisa ditempel agar tidak lupa. Bila menemukan kosakata yang tidak dimengerti lagi, cari artinya lagi, lalu tuliskan di kertas itu lagi, sehingga akan terkumpul banyak kosakata.

2.Melihat Film Barat Tanpa Subtitle
Kebanyakan dari kita ketika melihat film-film luar negeri selalu menggunakan subtitle untuk memudahkan memahami jalan cerita. Memang, kita akan memahami jalan cerita film itu, tetapi tidak ada proses pembelajaran yang terjadi. Cara ini juga diberikan oleh guru TOEFL saya, hehe. Beliau berkata begini “kalau lihat film barat, ngga usah pake subtitle, biar kamu belajar.”

Dengan melihat film tanpa subtitle, anda akan dilatih untuk mendengar, mengamati dan memahami. Mendengar percakapan dalam dialog di film, lalu mengamati grammar yang diucapkan oleh sang aktor dan juga memahami jalan cerita dengan kemampuan menerjemahkan dialog tersebut. Sama halnya saat mendengarkan lagu, apabila anda menemukan kata dalam film yang tidak anda mengerti, coba cari artinya lalu tuliskan pada sebuah kertas. Selanjutnya lakukan seperti apa yang saya katakan pada bahasan sebelumnya.

Memang tidak enak jika melihat film tanpa subtitle bagi anda yang belum terbiasa. Saya pun sering mengeluh ketika mendapatkan film tanpa subtitle “waduh, filmnya ngga ada subtitlenya”  hehe. Saran saya, pilih waktu ketika mood sedang bagus untuk melihat film tanpa subtitle, karena mungkin melihat film barat tanpa subtitle akan mengurangi kenikmatan anda ketika melihat film, kecuali bagi yang terbiasa. iya nggak nih ? haha

3.Membaca Komik Manga Berbahasa Inggris
Nah kalau cara ini opsional, tergantung masing-masing orang. Kalau saya pribadi memang suka membaca komik manga di Internet, semacam Naruto, Bleach, maupun One Piece. Daripada membeli komiknya yang terbitnya lama dan ketinggalan cerita, lebih baik membaca manganya perchapter lewat internet. Selain gratis, juga bisa mengikuti perkembangan cerita terakhir.

Nah, komik-komik manga ini biasanya terbit pertama kali dalam bahasa inggris, baru kemudian ada yang menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Jika ingin menambah kemampuan berbahasa inggris, lebih baik menggunakan komik yang bahasa inggris saja. Efeknya dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris kurang lebih sama seperti ketika mendengarkan lagu dan melihat film.

Nah, berikut ini adalah website yang sering saya kunjungi untuk membaca komik manga berbahasa inggris :  
  • mangastream.com  
  • mangaeden.com 
  • mangafox.com
Bagi anda yang tidak suka membaca komik manga mungkin bisa mencobanya dengan membaca portal berita berbahasa Inggris seperti  BBC dan Reuters ataupun apa saja yang membuat anda nyaman membacanya.

Mungkin itu saja 3 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris, khususnya dalam menambah perbendaharaan kosakata. Bagaimana ? murah meriah bukan ? Namun, apabila anda ingin lebih mendalami bahasa Inggris secara keseluruhan, lebih baik ikut aja kursus bahasa Inggris, haha. Ok
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Gudang Ilmu Powered by Blogger