Jumat, 13 Februari 2009

Gambar Spektakuler Galaksi Andromeda

alt

Dua teleskop antariksa yang bekerja secara bersamaan telah mengambil gambar spektakuler terbaru dari Galaksi Andromeda, atau dikenal pula sebagai Messier 31 yang memancarkan cahaya mirip neon. (ESA)

Sebuah foto spektakuler dari galaksi terdekat kita yang memancarkan cahaya neon telah diabadikan sejumlah astronom Eropa dengan menggunakan beberapa teleskop antariksa.

Para ilmuwan telah mengabadikan gambar Galaksi Andromeda dalam mosaik spiral yang menakhjubkan untuk pertama kalinya dengan menggunakan dua teleskop secara bersamaan.

Galaksi yang juga dikenal sebagai Messier 31 ini, adalah kembaran Galaksi Bima Sakti kita dengan pusaran ratusan miliar bintang. Hal ini terlihat seperti kembang api Catherine yang dimiringkan menjauhi kita.

Cincin merah-jingga adalah wilayah berdebu yang lebih dingin, tempat dimana bintang-bintang baru terbentuk. Teleskop Herschel Eropa telah mengabadikannya dengan menggunakan mata infra-merah.

alt

Cincin merah- jingga ini adalah wilayah berdebu yang lebih dingin, tempat bintang-bintang baru sedang terbentuk. Gambar ini diabadikan teleskop Herschel dengan menggunakan mata infra-merah. (ESA)

Bertumpang sinar biru terang, menandai pudarnya sejumlah bintang, membentuk lubang hitam dan bintang-bintang kembar terkunci dalam perjuangannya untuk bertahan hidup.

Gambar birunya telah diambil dengan observatorium antariksa lain, XMM-NEWTON, dengan pemantau kosmos yang dilengkapi visi sinar-X.

Kedua gambar ini, dirilis sebagai sebuah komposit pada Rabu (5/1) oleh Badan Antariksa Eropa.

Pemandangan seperti ini tidak mungkin terlihat dari bumi karena sinar-X dan radiasi infra-merah dari ruang angkasa akan diserap oleh atmosfir kita. Namun hal ini dapat terlihat dalam cahaya normal pada gelap malam selama obyek terjauh dapat terlihat dengan mata telanjang.

jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Gudang Ilmu Powered by Blogger