Rabu, 23 Desember 2009

Jenis-jenis Aplikasi Internet

Seiring dengan pesatnya perkembangan internet, Aplikasi internet pun mengalami kemajuan yang sangat pesat. Aplikasi internet adalah hal-hal yang bisa di lakukan ketika seseorang sedang online, atau sedang mengoprasikan internet.

WWW
Word wide web (www) adalah dokumen-dokumen internet yang di simpan di server –server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web yang tersimpan di server tersebut biasanya di buat dengan bahasa pemprograman web misal HTML, PHP,dll .Dokumen web yang di simpan bisa dalam bentuk teks, gambar, animasi, video, audio.


Electronic Mail (E-Mail)
E-mail adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Isi dari pada email bisa berupa teks, gamber, video, audio. Kita dapat mengirimkan surat ke seluruh dunia dengan cepat dan murah dengan menggunakan email. Contoh situs yang menyediakan email (web mail) adalah gmail.com, yahoomail.com, telkom.net

Mailing list (Milis)
Mailing list sering juga di sebut Milis. Pengertian mailing list ( milis ) adalah aplikasi internet yang di gunakan sebagai sarana diskusi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang di kirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Milis mempunyai sifat yang sama seperti email.

Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunkasi satu sama lain dalam sebuah forum.Biasanya anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap seperti buletin board dimana setiap anggota dapat memaparkan gagasanya untuk di baca oleh sesama anggota. Sarana yang mungkin di gunakan dalam newsgroup bisa berupa multimedia dengan menggunakan fasilitas konferensi video atau dapat berupa teks saja dengan menggunakan fasilitas chat

Internet Relay Chat (IRC)
Adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk bercakap-cakap di internet. Kegiatan bercakap-cakap di internet di sebut sebagai chating. Chating dilakukan dengan cara mengetik apa yang kita katakana pada teman chating kita, kemudian mengirimkanya dalam bentuk teks. Saat ini beberapa layanan chat sudah dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil melalui web cam. Dengan fasilitas gambar ini, kita dapat bercakap-cakap sambil melihat gambar dari lawan chat kita.

File Transfer Protocol
Sering disebut juga dengan FTP. FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari komputer lain. Dengan fasilitas ini, kita dapat mengambil data, terutama ketika kita sedang mencari sebuah informasi. Kita juga dapat memasang informasi ke internet sehingga bisa di baca orang ketika di internet. Dengan adanya falititas ini kita bisa melakukan pengambilan file (download) dari sebuah server atau mengupload file ke sebuah server

Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP dari komputer yang akan di akses dan kita juga harus mempunyai user id dan password untuk dapat mengakses komputer tersebut.

Gopher
Gopher adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun informasi tersebut hanya terbatas pada teks saja. Untuk dapat menggunakan gopher, kita harus menghubungkan diri dengan gopher server yang ada di internet.
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Gudang Ilmu Powered by Blogger